6 Teori Masuknya Islam ke Nusantara Indonesia - Lengkap dengan Bukti

6 teori masuknya islam

Teori masuknya Islam ke nusantara terbaru. Islam merupakan agama yang paling banyak dianut di Indonesia, dan mungkin juga kamu adalah salah satu penganut Agama Islam.

Namun, apakah kamu pernah berfikir bagaimana dan berasal dari mana Islam yang ada di Indonesia ini? Siapa yang membawanya ke Nusantara sehingga bisa menjadi agama terbanyak penganutnya di Indonesia?

Mungkin hal ini akan kamu pelajari di pelajaran Sejarah kelas 10 semester 2, atau kamu diberi tugas oleh gurumu untuk mencari teori apa saja yang membawa Islam masuk ke nusantara? Ngambis akan membahanya secara lengkap 6 teori masuknya islam ke nusantara.

Teori Masuknya Islam ke Indonesia

Mungkin selama ini, yang kamu ketahui cuma 3 teori ya? Di antaranya teori gujarat, mekkah, dan persia (iran). Nah, sebenarnya, teori masuknya Islam itu lebih dari 3 atau 4, yaitu ada 6. Dan kamu akan dikasi tau itu cuma di NGAMBIS.

1. Teori Gujarat

Nah kalau teori masuknya Islam dari gujarat mungkin sudah tidak asing, ya?

Siapa yang mendukung teori ini? Ternyata cukup banyak, loh. Tokoh yang mendukung teori ini adalah para ilmuwan Belanda seperti Pijnappel dan Moqette yang mengatakan bahwa yang membawa agama Islam ke Indonesia ialah orangorang Arab yang sudah lama tinggal di Gujarat (India). 

Menurut mereka, Islam masuk ke Indonesia sejak awal abad ke 13 Masehi bersama dengan hubungan dagang yang terjalin antara masyarakat Nusantara dengan para pedagang Gujarat yang datang, dengan jalur Indonesia-Cambay- Timur Tengah- Eropa.

Snouck Hurgronje yang juga sebagai ilmuwan Belanda berpendapat bahwa hubungan dagang Indonesia dengan orang-orang Gujarat telah berlangsung lebih awal dibanding dengan orang-orang Arab.

Eits, tentunya bukan tanpa bukti, Teori masuknya Islam di Indonesia yang dicetuskan Hurgronje dan Pijnapel ini didukung oleh beberapa bukti yaitu:

  1. Batu nisan Sultan Samudera Pasai Malik As-Saleh (1297) dan batu nisan Syekh Maulana Malik Ibrahim di Gresik memiliki kesamaan dengan batu nisan yang berada di Cambay.
  2. Hal ini juga bersumber dari keterangan Marcopolo dari Venesia (Italia) yang pernah singgah di Perlak ( Perureula) tahun 1292. Ia menceritakan bahwa di Perlak sudah banyak penduduk yang memeluk Islam dan banyak pedagang Islam dari India yang menyebarkan ajaran Islam.

Yang namanya teori, pasti ada hal yang membuatnya tidak relevan juga loh. Selain memiliki bukti, teori ini juga mempunyai kelemahan. Kelemahan teori Gujarat ditunjukan pada 2 sangkalan. 

Pertama, masyarakat Samudra Pasai menganut mazhab Syafii, sementara masyarakat Gujarat lebih banyak menganut mazhab Hanafi. Kedua, saat islamisasi Samudra Pasai, Gujarat masih merupakan Kerajaan Hindu.

2. Teori Makkah atau Teori Arab

Selanjutnya ada teori dari negara yang menjadi awal mula agama Islam lahir dan merupakan tempat tinggal Nabi Muhammad, Arab. Teori Arab atau Teori Makkah menyatakan bahwa proses masuknya Islam di Indonesia berlangsung saat abad ke-7 Masehi. Islam dibawa para musafir Arab(Mesir) yang memiliki semangat untuk menyebarkan Islam ke seluruh belahan dunia.

Eits, tokoh yang mendukung teori ini sangat banyak. Tokoh yang mendukung teori ini adalah Van Leur, Anthony H. Johns, T.W Arnold, Buya Hamka, Naquib al-Attas, Keyzer, M. Yunus Jamil, dan Crawfurd.

Teori masuknya Islam di Indonesia ini didukung beberapa 3 bukti utama, yaitu:

  1. Pada abad ke 7 yaitu tahun 674 di pantai barat Sumatera sudah terdapat perkampungan Islam (Arab), dengan pertimbangan bahwa pedagang Arab sudah mendirikan perkampungan di Kanton sejak abad ke-4. Hal ini juga sesuai dengan berita Cina. 
  2. Kerajaan Samudra Pasai menganut aliran mazhab Syafi’i, dimana pengaruh mazhab Syafi’i terbesar pada waktu itu adalah Mesir dan Mekkah. Sedangkan Gujarat/India adalah penganut mazhab Hanafi. 
  3. Adanya penggunaan gelar Al Malik pada raja-raja Samudera Pasai yang hanya lazim ditemui pada budaya Islam di Mesir.

Para ahli yang mendukung teori ini menyatakan bahwa abad 13 sudah berdiri kekuasaan politik Islam, jadi masuknya ke Indonesia terjadi jauh sebelumnya yaitu abad ke-7 dan yang berperan besar terhadap proses penyebarannya adalah bangsa Arab sendiri. 

Hingga kini, teori Arab dianggap sebagai teori yang paling kuat. Tapi tetap punya kelemahan. Kelemahannya hanya terletak pada kurangnya fakta dan bukti yang menjelaskan peran Bangsa Arab dalam proses penyebaran Islam di Indonesia. 

3. Teori Persia

Nah buat kamu yang belum tau Persia, persia adalah nama lama untuk negara Iran saat ini.

Umar Amir Husen dan Hoesein Djajadiningrat sebagai pencetus sekaligus pendukung teori Persia menyatakan bahwa Islam yang masuk di Indonesia pada abad ke 7 Masehi adalah Islam yang dibawa kaum Syiah, Persia. 

Teori ini didukung adanya beberapa bukti pembenaran di antaranya 

  • Peringatan 10 Muharram atau Asyura atas meninggalnya Hasan dan Husein cucu Nabi Muhammad, yang sangat di junjung oleh orang Syiah/Islam Iran.
  • Di Sumatra Barat peringatan tersebut disebut dengan upacara Tabuik/Tabut. Sedangkan di pulau Jawa ditandai dengan pembuatan bubur Syuro. 
  • Kesamaan ajaran Sufi 
  • Penggunaan istilah persia untuk mengeja huruf Arab 
  • Kesamaan seni kaligrafi pada beberapa batu nisan 
  • Bukti maraknya aliran Islam Syiah khas Iran pada awal masuknya Islam di Indonesia. 
  • Adanya perkampungan Leren/Leran di Giri daerah Gresik. 

Dengan banyaknya bukti pendukung yang dimiliki, teori ini sempat diterima sebagai teori masuknya Islam di Indonesia yang paling benar oleh sebagian ahli sejarah. Akan tetapi, setelah ditelisik, ternyata teori ini juga memiliki kelemahan. Bila dikatakan bahwa Islam masuk pada abad ke 7, maka kekuasaan Islam di Timur Tengah masih dalam genggaman Khalifah Umayyah yang berada di Damaskus, Baghdad, Mekkah, dan Madinah. Jadi tidak memungkinkan bagi ulama Persia untuk menyokong penyebaran Islam secara besar-besaran ke Nusantara.

Nah, bingung kan? wkwkwk

4. Teori India

Eh bentar dulu, kamu pasti mengira kalau teori India ini sama dengan Teori Gujarat kan? Ternyata beda loh. Gujarat adalah salah satu nama kota di India. Sedangkan Teori India dan Teori Gujarat adalah dua teori yang berbeda. Kasi tau temenmu cpat!

Teori ini dikemukakan oleh Thomas W. Arnold dan Orrison. Menurut teori ini, Islam datang ke Indonesia melalui Coromandel dan Malabar (India). Dasar teori ini adalah ketidakmunkinan Gujarat menjadi sumber penyebaran Islam ketika itu. Alasannya, Gujarat belum menjadi pusat perdagangan yang menghubungkan antara wilayah Timur Tengah dengan wilayah Nusantara. 

Pendapat bahwa Gujarat sebagai tempat asal Islam di Nusantara mempunyai kelemahan-kelemahan tertentu. Kelemahan itu ditemukan oleh Marrison. Ia berpendapat bahwa meskipun batu-batu nisan yang ditemukan di tempattempat tertentu di Nusantara boleh jadi berasal dari Gujarat, atau dari Bengal, itu tidak lantas berarti Islam juga datang berasal dari tempat batu nisan itu diproduksi. 

HMMM, masuk akal juga ya....

Marrison mematahkan teori Gujarat ini dengan menunjuk pada kenyataan bahwa pada masa Islamisasi Samudera Pasai, yang raja pertamanya wafat tahun 1297 M, Gujarat masih merupakan kerajaan Hindu. Baru setahun kemudian (699/1298) Cambay, Gujarat ditaklukkan kekuasaan muslim. Jika Gujarat adalah pusat Islam, yang dari tempat itu para penyebar Islam datang ke Nusantara, maka pastilah Islam telah mapan dan berkembang di Gujarat sebelum kematian Malik al-Saleh, yakni sebelum tahun 698/1297. Marrison selanjutnya mencatat, meski lasykar muslim menyerang Gujarat beberapa kali raja Hindu di sana mampu mempertahankan kekuasaannya hingga 698/1297. 

Mempertimbangkan semua ini, Marrison mengemukakan pendapatnya bahwa Islam di Nusantara bukan berasal dari Gujarat, melainkan dibawa oleh para penyebar Muslim dari pantai Coromandel pada akhir abad ke-13.

HMM mulai rumit juga nih^^

5. Teori Bangladesh

Loh ada juga kah? adaaaaa. Makanya perluas literasimu, ya beb.

Teori Bangladesh dikenal juga dengan nama teori Benggali, Dikemukakan oleh S. Q. Fatimi. Teori ini mengemukakan bahwa Islam datang di Nusantara berasal dari Benggali. Teori ini didasarkan atas tokoh-tokoh terkemuka di Pasai adalah orang-orang keturunan dari Benggali. Menurut beberapa pendapat berdasarkan teori Benggali berarti Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-11 M. 

S. Q. Fatimi berpendapat bahwa mengaitkan seluruh batu nisan yang ada di Pasai, termasuk batu nisan Maulana Malik al-Saleh, dengan Gujarat adalah keliru. Menurut penelitiannya, bentuk dan gaya batu nisan Malik al-Saleh berbeda sepenuhnya dengan batu nisan yang terdapat di Gujarat dan batu-batu nisan lain yang ditemukan Nusantara. 

Mbak Fatimi ini berpendapat bentuk dan gaya batu nisan itu justru mirip dengan batu nisan yang terdapat di Bengal. Oleh karenanya, seluruh batu nisan itu hampir dipastikan berasal dari Bengal. Dalam kaitan dengan data artefak ini, Fatimi mengkritik para ahli yang mengabaikan batu nisan Siti Fatimah bertanggal475/1082 yang ditemukan di Leran, Jawa Timur. 

Teori bahwa Islam di Nusantara berasal dari Bengal bisa dipersoalkan lebih lanjut termasuk berkenaan dengan adanya perbedaan madzhab yang dianut kaum muslim Nusantara (Syafi’i) dan mazhab yang dipegang oleh kaum muslimin Bengal (Hanafi).

6. Teori Cina

Ternyata nggak cuma agama khong hu chu aja loh yang dari cina, Katanya Islam pun juga, hmm.

Teori China yang dicetuskan oleh Slamet Mulyana dan Sumanto Al Qurtuby menyebutkan bahwa, Islam masuk ke Indonesia karena dibawa perantau Muslim China yang datang ke Nusantara. 

Teori ini nggak cuma asal ngomong gitu, ada didasari pada beberapa bukti, yaitu:

  1. Fakta adanya perpindahan orang-orang muslim China dari Canton ke Asia Tenggara, khususnya Palembang pada abad ke 879 M 
  2. Adanya masjid tua beraksitektur China di Jawa 
  3. Raja pertama Demak yang berasal dari keturunan China (Raden Patah) 
  4. Gelar raja-raja demak yang ditulis menggunakan istilah China 
  5. Catatan China yang menyatakan bahwa pelabuhan-pelabuhan di Nusantara pertama kali diduduki oleh para pedagang China.

Nah itu dia 6 teori masuknya agama islam ke indonesia atau dulu namanya Nusantara. Kalau kamu lebih percaya sama teori yang mana? Komen ya!

Mana Benar Mana Salah?

Pada dasarnya semua teori tersebut masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Tidak ada kemutlakan dan kepastian yang jelas dalam masing-masing teori tersebut.

Menurut Azyumardi Azra, sesungguhnya kedatangan Islam ke Indonesia datang dalam kompleksitas, artinya tidak berasal dari satu tempat, peran kelompok tunggal, dan tidak dalam waktu yang bersamaan.

Yang terpenting kalian tau untuk menambah nilai sejarah kalian, kalau kamu mau dan tertarik lebih lanjut kamu bisa sekolah atau kuliah jadi sejarawan, loh. Hehe

Penutup

Karena kamu udah baca artikel ini sampai akhir, admin ngambis berterima kasih banget sama kamu. Semoga ilmu kamu manfaat dan nggak cuma sampai buku, harus sampai otak. 

Jadi, teori bukan untuk dicari benar dan salah, ya. Teori bisa dibilang dengan paling kuat dan paling lemah, dan nggak perlu diperdebatkan. Tapi alau kamu mau memihak, kenapa tidak?