Pengertian Pantun Beserta Jenis-Jenisnya terbaru

pengertian pantun 2021

Oke bertemu lagi dengan admin di NGAMBIS, kali ini admin akan membahas apa itu pantun, mungkin dari kalian ada yang sudah mengerti tapi mungkin juga masih ada yang kebingungan berikut penjelasannya:

Pengertian Pantun

Pantun adalah bentuk puisi lama yang terdiri dari empat larik, berima silang (a-b-a-b), irama yang indah, dan memiliki makna yang penting. Menurut KBBI, arti pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu) yang tiap baitnya terdiri atas empat baris yang bersajak (a-b-a-b) dan tiap larik biasanya terdiri atas empat kata. 

Pantun merupakan puisi lama melayu Indonesia yang berasal dari bahasa jawa kuno yaitu "tuntun", yang berarti mengatur atau menyusun. Pada awalnya, pantun merupakan karya sastra Indonesia lama dengan pengungkapan secara lisan, tetapi semakin berkembangnya pantun kini telah diungkapkan secara tertulis. 

Pantun merupakan karya yang dapat menghibur dan sekaligus menegur. Pantun merupakan  ungkapan perasaan dan pikiran, karena ungkapan tersebut disusun dengan kata-kata hingga sedemikian rupa sehingga sangat menarik untuk didengar atau dibaca. Pantun menunjukkan bahwa Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dalam mendidik dan menyampaikan hal-hal yang bermanfaat.

Ciri-ciri Pantun

• Tiap bait terdiri dari 4 baris
• Setiap baris terdiri dari 4-6 kata atau 8-12 suku kata.
• Setiap bait pantun terdiri dari sampiran dan isi.
• Baris pertama dan kedua merupakan sampiran, baris ketiga dan keempat merupakan isi. (Walaupun sampiran tidak berhubungan langsung dengan isi, namun lebih baik apabila kata-kata pada sampiran merupakan cermin dari isi yang hendak disampaikan). 
• Pantun bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a. (tidak boleh a-a-b-b)

Jenis-Jenis Pantun berdasarkan Kelompok Umur


·         Pantun Anak-Anak
Pengertian pantun anak-anak adalah jenis pantun yang mempunyai hubungan dengan pada masa kanak-kanak. Pantun anak-anak bisa menggambarkan makna suka cita ataupun duka cita.
·         Pantun Remaja
Pengertian pantun remaja adalah jenis pantun yang mempunyai hubungan dengan kehidupan pada masa muda. Pantun orang muda umumnya memiliki makna mengenai perkenalan, hubungan Asmara, rumah tangga, perasaan serta nasib.
·         Pantun Orang Tua
Pengertian pantun orang tua adalah jenis pantun yang mempunyai hubungan dengan orang tua. Umumnya pantun orang tua bertemakan tentang adat budaya, agama, nasihat dan lainnya.

Jenis-jenis Pantun berdasarkan Isinya

·         Pantun Suka Cita
Pengertian pantun suka cita adalah jenis pantun yang berisi ungkapan perasaan kegembiraan atau kebahagian. Dalam pantun ini berisi ungkapan suka cita dan kebahagiaan.
·         Pantun Duka Cita
Pengertian pantun duka cita adalah jenis pantun yang isinya mengungkapan kesedihan atau duka. Dalam pantun ini berisi ungkapan duka cita dan kesedihan yang mendalam.
·         Pantun Cinta
Pengertian pantun cinta adalah jenis pantun yang isinya berhubungan dengan cinta, romantisme atau asmara antara dua insan manusia.
·         Pantun Jenaka
Pengertian pantun jenaka adalah jenis pantun yang bertujuan untuk menghibur pendengar. Pantun ini digunakan untuk sindiran namun juga untuk mencairkan suasana.
·         Pantun Agama
Pengertian pantun agama adalah jenis pantun yang berisikan dakwah untuk mengajak manusia melakukan kebaikan dan berhubungan dengan nilai-nilai religius.
·         Pantun Nasehat
Pengertian pantun nasehat adalah jenis pantun yang berisi mengenai nasihat, serta bertujuan untuk mendidik dengan memberikan nasihat moral serta budi pekerti.
·         Pantun Adat Istiadat
Pengertian pantun adat istiadat adalah jenis pantun yang isinya berupa pepatah dan petuah nasehat. Umumnya pantun ini digunakan untuk menjunjung tinggi nilai adat.
·         Pantun Nasib
Pengertian pantun nasib adalah jenis pantun yang menceritakan keadaan diri. Pantun nasib biasanya menceritakan keadaan seseorang ketika berada di perantauan.
·         Pantun Peribahasa
Pengertian pantun peribahasa adalah jenis pantun yang berisi tentang ungkapan dan peribahasa yang pada umumnya memiliki susunan tetap.
·         Pantun Perkenalan
Pengertian pantun perkenalan adalah jenis pantun yang berisi tentang proses perkenalan diri dan pertanyaan kepada lawan bicaranya.
·         Pantun Persahabatan
Pengertian pantun persahabatan adalah jenis pantun yang isinya bertemakan persahabatan atau hubungan dengan teman dan kenalan dekat.
·         Pantun Kiasan
Pengertian pantun kiasan adalah jenis pantun yang berisi mengenai kiasan yang umumnya untuk menyampaikan sesuatu hal secara tersirat.
·         Pantun Teka-Teki
Pengertian pantun teka-teki adalah jenis pantun yang berisi mengenai teka-teki, umumnya pendengar atau pembaca diberi kesempatan untuk bisa menebak jawaban teka teki dalam isi pantun.
·         Pantun Perpisahan
Pengertian pantun perpisahan adalah jenis pantun yang berisi tentang perpisahan dan perceraian, namun bukan spesifik berpisah karena kematian.
Terima kasih, Mohon maaf jika adaa salah dalam kata-kata
tolong komen dibawah admin harus upload apa lagi kedepannya terima kasih