Ringkasan Teks Eksplanasi, Struktur, dan Contohnya Lengkap 2021

pengertian eksplanasi dan contoh

Assalamualaikum bosku, kali ini NGAMBIS akan membagikan artikel tentang pengertian teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, dan contohya. Pastinya penjelasan kali ini akan sangat mudah dipahami dan mudah diserap karena sudah merupakan ringkasan. Jadi kalau mau disalin di catatan bisa langsung copy saja.

Contoh yang saya bagikan di sini sudah komplit dengan identifikasi struktur teks eksplanasi. Bisa kalian jadikan refensi membuat tugas dari sekolah. Langsung simak saja artikelnya.

Apasih teks eksplanasi itu? Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan hubungan peristiwa atau proses terjadinya sesuatu secara fakta.

Struktur teks eksplanasi:

  1. Identifikasi, yang berisi gambaran umum suatu aspek atau peristiwa. Sehingga pembaca mengetahui gambaran isi, misalnya menjelaskan proses gempa bumi.
  2. Rangkaian Kejadian, berisi hubungan sebab-akibat aspek atau peristiwa yang dijelaskan. Biasanya untuk menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa.
  3. Ulasan/Interpretasi, yaitu teks yang merupakan kesimpulan dari identifikasi dan rangkaian kejadian.

Contoh teks eksplanasi:

GANJA

A. Identifikasi
Ganja adalah tanaman penghasil serat, namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya yang dapat membuat pengonsumsi mengalami rasa senang berkepanjangan tanpa sebab (euforia). Tanaman semusim ini tingginya mencapai dua meter, berdaun menjari dengan bunga jantan dan betina terdapat pada tanaman yang berbeda. Bunganya kecil-kecil dalam dompolan di ujung ranting. Ganja hanya tumbuh di pegunungan tropis dengan ketinggian di atas 1000 meter di atas permukaan laut.

B. Urutan Sebab-Akibat 1
Ganja memiliki efek negatif yang tinggi apabila dikonsumsi melebihi dosis. Kehilangan kendali merupakan akibat dari mengonsumsi ganja yang terkenal di kalangan masyarakat. Ganja menyebabkan halusinasi, amnesia, dan euforia. Oleh karena itu, bahan obat-obatan ini diilegalkan hampir di seluruh penjuru dunia.

C. Urutan Sebab-Akibat 2
Pengonsumsi ganja biasanya memiliki masalah paru-paru. Mengonsumsi 3 - 4 puntung ganja, setara dengan mengonsumsi 20 puntung rokok. Ganja lebih berisiko menyebabkan gangguan paru-paru dibanding rokok. Ganja mengandung bahan adiktif sehingga mampu mengakibatkan ketergantungan yang mengarah pada overdosis.

D. Urutan Sebab-Akibat 3
Efek lain yang ditimbulkan oleh ganja adalah meningkatnya angka kriminalitas. Ganja membuat orang mengalami kecanduan. Hal itu menyebabkan pengonsumsi melakukan segala cara untuk dapat membeli ganja meski dengan cara kriminal sekalipun.

E. Interpretasi
Sebelum adanya larangan mengonsumsi ganja, sebenarnya tanaman ini memiliki peran sebagai pengobatan. Hal itu dikarenakan ganja terbukti mampu mengurangi tekanan pada mata dalam pengobatan glaukoma, sebagai anti-muntah, dan penenang. Ganja juga mampu meningkatkan nafsu makan bagi penderita AIDS agar tidak kehilangan berat badan berlebih. Namun, apabila ganja dikonsumsi melebihi dosis, dampak negatif yang dihasilkannya lebih tinggi dibanding rokok atau pun zat adiktif lainnya yang terdapat dalam makanan.

Mungkin itu saja penjelasan teks eksplanasi semoga bisa membantu tugas kalian. Kalian mau request tugas? atau request artikel selanjutnya? bahkan tanya PR juga bisa, dengan tulis di kolom komentar. Terima kasih atas perhatianya, semoga  bermanfaat.

Wassalamualaikum, Wr. Wb.